Si Kembar Nama Farand dan Fathan

Menyusun nama anak bisa menjadi cukup tricky buat saya karena sulitnya berkompromi dengan suami.

Saya ingin nama anak saya diambil dari Bahasa Sansekerta dan Arab. Karena kami adalah keluarga Jawa yang beragama Islam. Sementara selera suami saya adalah nama-nama Barat.

Saya harus merelakan nama favorit, Ramadia. Dan Doori harus merelakan nama yang dijagokan, Santiago. “Whattt?? Santiago?? Nama pemain basket??”, begitu kira-kira reaksi saya mendengar nama-nama ajaib ciptaan Doori. Lain lagi komentar Doori terhadap nama-nama yang saya ajukan: itu mirip nama mantan gue, gue punya temen namanya itu anaknya males banget, namanya pasaran banget kayak nama lo (nggak sopaaaan), dll.

Dari banyaknya nama anak yang saya ajukan, hanya Mekka Arashya yang tidak tolak. Tidak ditolak bukan berarti sudah diterima. “Iya nanti gue pikir-pikir dulu”, kata Doori. Mekka diambil dari nama kota Mekkah, sebagai simbol Islam. Arashya diambil dari Bahasa Persia, arash, yang artinya pahlawan.

Sampai Farand lahir, Doori belum juga memutuskan namanya. Sampai akhirnya dia menemukan nama Farand di sebuah buku nama anak. Berasal dari Bahasa Jerman yang artinya menyenangkan. Saya suka nama itu. Enak didengar dan keren ditulis dengan huruf D di akhir nama. Jadilah nama anak pertama kami Farand Mekka Arashya. Seorang yang menyenangkan, islami, dan memiliki jiwa kepahlawanan.

Mempersiapkan nama anak ke-dua lebih mudah. Sudah ada nama anak pertama, nama anak ke-dua tinggal mengikuti polanya. Saya memang ingin nama anak-anak kami mirip. Supaya dari namanya sudah terlihat kakak adik. Kebetulan tidak ada nama ayah atau nama keluarga di akhir nama Farand. Dulu saya menyarankan nama Mekka Arashya Doori. Doori adalah nama belakang suami saya, Pakasa Doori. Tapi Doori tidak setuju. Karena selain nama belakang, Doori juga adalah nama panggilannya.

Nama yang pernah saya ajukan untuk adiknya Farand adalah Fathan Damasq Attarsya. Fathan adalah nama berinisial F yang saya suka dan terdengar pas untuk adiknya Farand. Berasal dari Bahasa Arab yang artinya cerdas. Saat itu Ahmad Fathanah belum beredar di TV sehingga Doori belum keberatan dengan nama Fathan. Hehehe. Damasq berasal dari nama kota Islam Damaskus. Tapi nama ini langsung ditolak Doori karena sedang ada kerusuhan di kota tersebut. Attarsya berasal dari Bahasa Arab, attar, yang berarti wewangian.

Sebagai ganti Damasq, saya mengajukan Hirario. Hira adalah nama gua dimana Rasulullah SAW mendapat wahyu pertama. Sedangkan Rio berasal dari nama kota Rio de Janeiro di Brazil. Saat sedang mempersiapkan nama anak ke-dua, Doori mendapat kabar gembira menang sebuah kompetisi di kantornya. Hadiahnya, pergi ke Rio de Janeiro selama 10 hari.

Menjelang kelahiran Fathan, Doori baru punya permintaan. Ada kata Taqy, dari Bahasa Arab yang artinya taqwa, di nama anak ke-dua kami. Menurut saya nama ini cute dan cocok dengan Fathan dan Attarsya. Sama-sama punya huruf T sehingga terdengar berirama. Fathan Taqy Attarsya. Seorang yang cerdas, bertaqwa, dan harum namanya.

Farand Mekka Arashya dan Fathan Taqy Attarsya. Doa ayah dan mama di nama-nama kalian.

Image

5 thoughts on “Si Kembar Nama Farand dan Fathan

  1. Nama2 anaknya bagus-bagus dan ceritanya lucuuu..

    Semoga Farand dan Fathan menjadi manusia seperti yang didoakan kedua orangtuanya. Aamiinn.

      1. bunda sariyayi,apa blh saya meniru nama anak bunda.krn anak saya kembar cowo.
        mg anak2 bunda jg anak yg sholeh y bun…

  2. Mksh byk y bun,ma’ap br smpt baca.alhamdulillah pas tgl 30 january kmrn sy melahrkan bayi kembar dg normal dan selamat.trz pas tgl 03 february tali puser anak sy dah lepas trz lgsg bkn acra sukuran krn adat t4 sy spt itu.tp ma’ap y bund,sy gag smpt cr nama”lg akhrnya sy bkn nama persis ky anak bunda tp nama dpn sy ksh nama muhammad.trz pas sdh 3hr sy minta sm suami ganti nama anak yg pendek aja,trz gag enak jg ma bunda sari.eh taunya suami dah bikin kartukuning dan nama sikembr dah msk dlm kk.ma’ap bgt y bund,lo bunda krg berkenan nt sy ganti aja nama sikembr.biar hati ini tenang.sblmnya makasih byk.

Leave a Reply

