Farand dan Pre-school-nya

Menyambung cerita pengalaman mencari pre-school untuk Farand, pada akhirnya saya memutuskan kembali ke cinta pertama, pre-school C. Setelah browsing di internet, saya melihat memang ada pro dan kontra dalam memperkenalkan bahasa asing pada anak  di usia dini. Tapi satu pendapat yang menurut saya bijaksana kira-kira adalah seperti ini (maaf lupa sumbernya):

Menggunakan 2 bahasa tidak masalah jika memang diperlukan. Misal ayah dan ibu berbeda bahasa. Atau anak  tinggal di luar negeri. Kalau tidak ada keperluan, sebaiknya bersabar memperkenalkan bahasa asing kepada anak setelah ia lancar bahasa ibu.

Jika pada akhirnya saya memilih pre-school C, bukan dengan tujuan Farand bisa segera menguasai Bahasa Inggris lebih dahulu dibanding anak seumurnya. Tapi karena saya tidak menemukan sekolah berbahasa Indonesia yang cocok.

Pre-school C memiliki paket 10x pertemuan. Jadi saya belum perlu membayar uang pangkal. Dalam 10x pertemuan ini, saya akan perhatikan apakah perkembangan bicara dan bahasa Farand terganggu. Jadi saya masih bisa berubah pikiran jika memang pre-school ini tidak sesuai untuk Farand atau Farand memang belum mau/siap untuk sekolah.

Sesudah 2 pertemuan ini,  saya menemukan hal-hal berikut:

  • Farand semangat sekali berangkat sekolah. Dia suka minta berangkat sekolah pada saat bukan harinya atau belum waktunya. Saya jelaskan berkali-kali, “Sekolahnya hari ini tutup Farand. Sekolahnya besok ya” atau “Masih jam 9 Farand, sekolahnya belum buka. Sebentar lagi ya”.
  • Farand sudah bisa saya tinggal full selama 2 jam (saya cukup mengintip dari balik jendela)
  • Farand suka sekali pergi dan pulang sekolah naik bajaj. Bagi dia, naik bajaj adalah part of the excitement of going to school.
  • Farand sudah mau mengikuti beberapa instruksi gurunya seperti: membereskan mainan dan meletakkan kembali di tempatnya, mendorong kursi setelah digunakan, cuci tangan sebelum makan, dan corat coret dengan spidol dibantu gurunya. Meskipun untuk bernyanyi dan menari dia biasanya diam saja.
  • Di rumah, Farand mulai suka bernyanyi ‘good morning… good morning…..’ sambil mengikuti gaya yang diarahkan gurunya.

 

Sepertinya saat ini masih masa bulan madu antara Farand dan pre-school-nya. Mendengar pengalaman saudara dan teman, akan tiba masa dimana anak-anak tidak mau berangkat sekolah. Jadi untuk saat ini, dinikmati saja bulan madunya.

Siap berangkat sekolah
Free play. Farand paling suka main ‘potong-potong’. Dengan pisau, buah-buahan, dan talenan mainan.
Kalo Farand bilang: ‘Tulis tulis’
Farand sibuk main sendiri

7 thoughts on “Farand dan Pre-school-nya

  1. Waaah…mas Farand udah skolah. malah duluan mas Farand dibanding Raisha. Smoga nanti Raisha juga suka skolah kaya mas Farand ya.

  2. Waah farand udh betah di sekolahnya ya, sampe-sampe ga mau libur, hebattttt. Sekolahnya farand seminggu brp kali sar? kl kt kepseknya ShaNa, baiknya sekolah itu jangan selang-seling, supaya membentuk rutinitas anak. Jd di sekolahnya ShaNa, utk toddler yg masuknya 3hari, sekolahnya hari selasa-rabu-kamis. Jadi ngejelasin ke anak juga lebih gampang, sekolah 3 hari, libur 4 hari ^_^

    1. Akhir2 ini mulai ga betah va. Maunya ditemenin mbaknya terus. Tapi kalo brgkt tetep mau. Soalnya dia suka bgt naik bajaj😀 Farand masuk senin-rabu-jumat.

  3. Like this…Sar!. Disha dulu sempat ikutan PAUd…dah setaun ikut, masih nemplok aja ama gw…emang kurang atraktif sih. sekarang dah setaun “cuti”… berpikir buat masukin ke tempat bermain-main kayak gini… yang lebih menarik,banyak mainan dan warna warni🙂

    1. Farand juga akhir2 ini nemplok terus sama mbaknya. Tapi terus keburu libur kenaikan kelas. Belum tau akan lanjut lagi atau engga.Tapi aku sih cocok sama sekolahnya. Disha thn ini 3 thn? Akan sekolah di mana fid?

Leave a Reply

