Mencari Pre-school untuk Farand

Saya selalu ingin memasukkan Farand ke daycare. Maksud saya adalah untuk membiasakan Farand dengan daycare (tidak perlu masuk setiap hari) supaya saya tidak tergantung kepada babysitter yang bisa kapan saja minta cuti/berhenti dan selalu kembali terlambat dari cutinya.  Mencari babysitter baru juga tidak mudah. Apalagi pernah punya pengalaman Farand sulit sekali menerima babysitter baru. Daripada Farand di rumah saja dengan ART dan babysitter, di daycare umumnya dimasukkan kegiatan ‘belajar’ atau pendidikan untuk anak usia dini. Anak-anak yang pernah saya lihat di daycare ketika survey juga terlihat lebih mandiri.

Tapi dari pengalaman memasukkan Farand ke salah satu daycare setelah lebaran tahun lalu belum ada babysitter di rumah, suami saya kurang setuju. Doori prefer Farand di rumah bersama babysitter.

Perdebatan Diskusi babysitter vs daycare muncul lagi ketika babysitter yang sudah mengasuh Farand  sejak usia 7 bulan memberitahukan bahwa dia akan menikah dan berhenti bekerja bulan Mei 2012. Jalan tengah yang  Doori dan saya ambil adalah mendapatkan babysitter baru sebulan sebelum babysitter lama mudik (supaya Farand terbiasa) dan mendaftarkan Farand di pre-school supaya Farand tidak di rumah saja bersama ART dan babysitter, tetapi bisa mencicipi pendidikan anak usia dini seperti yang ada di daycare.

Saya setuju dengan pendapat dari Buku Perawatan untuk Bayi dan Balita (The American Academy of Pediatrics, 2005):

Kelompok bermain atau tempat penitipan anak  yang menerima anak berusia 2-3 tahun tidak dirancang untuk memberi pendidikan akademis pada anak atau membuatnya ‘belajar dari buku’, tetapi membantu anak agar terbiasa dengan gagasan meninggalkan rumah selama periode waktu tertentu setiap harinya, dan memperkenalkan anak ke gagasan belajar dalam kelompok. Program prasekolah terutama bermanfaat jika anak anda tidak mempunyai banyak kesempatan menemui anak yang lebih besar atau orang dewasa lain.

Pada akhirnya, beberapa pre-school yang saya survey (semuanya ada di Tebet dan saya tulis inisialnya saja) adalah:

  1. TK Ai. TK ini merupakan TK Islam cukup besar di Tebet. TK ini tidak membuka kelas untuk anak usia 2 tahun. Playgroupnya dimulai untuk anak usia 3 tahun. Untuk anak kurang dari 3 tahun, TK Ai menawarkan Tempat Penitipan Anak (TPA/daycare). Biayanya tidak mahal. Tapi kualitasnya juga tidak sebaik daycare di perkantoran atau apartemen yang harganya jauh lebih mahal. Di TPA Ai anak bisa diikutkan setengah hari, jadi seperti pre-school. Dari jam 8.30 sampai 11.00 (terlalu pagi untuk Farand). Buka setiap hari weekdays.
  2. TK BB. TK ini dekat sekali dari rumah. Cukup jalan kaki saja. Ada kelas untuk anak 2 tahun. Hanya 2x seminggu (pre-school lain biasanya 3x seminggu). Yang saya suka dari TK ini adalah ruangnya yang luas. Sayang uang pangkalnya hampir 2 x uang pangkal TK lainnya. Memang uang pangkal ini berlaku sampai kelas TK B (5-6 tahun). Tapi saya tidak yakin Farand akan bertahan di sekolah ini sampai 4 tahun ke depan.
  3. TK As. Ini TK Islam lainnya. Ruangannya sempit dan ada di depan pasar. Saya sudah hilang feeling duluan meskipun ibu guru bilang ruangannya akan diperluas tahun depan.
  4. TK K. TK ini besar dan cukup punya nama. Mahal sekali. Kira-kira hampir 3 x rata-rata biaya TK lainnya. Tapi saya justru tidak sreg dengan TK sebesar ini. Tempat parkir penuh kendaraan. Ruang tunggu penuh babysitter. Bahasa pengantar full English.
  5. Pre-school C. Saya jatuh cinta dengan pre-school ini saat melihat kelasnya yang mungil dan mainannya tertata rapi. Sekolahnya kecil, di rumah biasa. Tapi tidak memberi kesan sempit karena muridnya sedikit. Kesannya ‘rumah’ sekali, nyaman. Satu-satunya TK yang saya survey ada di jalan lingkungan perumahan. Sekolah ini hanya membuka kelas untuk anak usia 2-3 tahun dan 3-4 tahun. Jadi khusus pre-school, tidak ada kelas TK. Bisa masuk mulai kapan saja. Uang pangkal (tahunan) akan dihitung proporsional sesuai waktu mulai masuk. Fleksibel sekali.

 

Saya hanya mengikutkan Farand trial di Pre-school C dan TK BB.

  1. Trial di Pre-school C. Begitu masuk kelas, Farand langsung sibuk main. Meskipun saya harus selalu berada di sampingnya. Belum mau melakukan perintah apapun dari gurunya dan tidak berpartisipasi dalam kegiatan kelompok (sibuk main sendiri). Tapi most of the time dia ikut memperhatikan dengan baik. Satu saja yang saya khawatirkan, ternyata bahasa pengantarnya Bahasa Inggris. Meskipun tidak full.
  2. Trial di TK BB. Rencananya hanya ingin mengikutkan Farand trial di Pre-school C. Tapi karena saya khawatir penggunaan Bahasa Inggris akan mengganggu perkembangan Bahasa Indonesianya, jadi saya coba trial di TK BB yang berbahasa Indonesia. Ternyata oh ternyata, Farand sama sekali tidak mau masuk kelas dan mengikuti kegiatan apapun. Dia bilang mau pulang saja. Dugaan saya karena TK ini besar, murid dan gurunya banyak. Tidak seperti di Pre-school C dimana kegiatan pertama adalah free play, di TK BB dimulai dengan menyanyi bersama murid dan guru dari setiap kelas dalam lingkaran besar. Farand tegang setengah mati. Saya pribadi tidak suka cara berbicara gurunya. Maksudnya baik, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tapi menurut saya terlalu formal untuk berkomunikasi dengan anak 2 tahun.

Demikian kira-kira laporan hasil survey dan trial dalam usaha mencari pre-school untuk Farand. Cerita mengenai sekolah yang akhirnya dipilih akan di-post lain waktu.

57 thoughts on “Mencari Pre-school untuk Farand

  1. mba yayi rajin banget pake survey2. lagian di tebet emang banyak pilihan kayanya ya. saya sih ga ada pilihan, jadi ngekor sepupunya Raisha aja.

  2. Sariiiiiii.. Dirimu d tebet juga kah? Aku kbetulan juga d tebet dan th depan rencananya mo cari sekolah buat Aleesha. Itu masuk sekolahnya mulai masuknya boleh kapan aja? Sar, aku pengen info lanjut dong (nama lengkap sklh ama alamatnya).. Tengkyu yaaaaa

    1. Iya, di tebet timur. Mbak lila di tebet mana? Bukannya lg di london? Iya, utk yang pre-school c dan daycare Ai boleh masuk kpn aja. Tapi yg lainnya engga. Ok nama2 sekolahnya aku kirim japri via FB yaa…

      1. Daycarenya namanya Aisyah. Tempat Penitipan Anak Aisyah. Di sebelah TK Aisyah Tebet. Saya juga baru tau ada daycare lain di Tebet. Namanya Namas Daycare. Ada di rukan Gajah seberang Balai Sudirman. Semoga bermanfaat ya infonya. Maaf telat sekali responnya.

  3. Hallo Mba, thanks buat sharingnya. Boleh Minta info lengkapnya ga utk preschool c, kebetulan saya juga tinggal di Tebet. Trims..

      1. hallo sari, saya sedang mencari daycare buat anak. selain namas daycare ada daycare lain ga ya di tebet? ada ulasan/pengalaman dengan namas daycare ga ya? tengkyu. jhon

      2. Daycare di Tebet yg saya tau cuma Namas dan Aisyah. Maaf belum pernah coba keduanya, jadi nggak bisa bilang apa2. Semoga sukses pencarian daycarenya. Nanti kalo ketemu yg cocok bisa dishare. Trims.

  4. Mba sari aku lagi cari preschool juga di tebet untuk anakku (2 thn) boleh minta info lengkap nama2 TK and Preschoolnya sekalian alamat dan nomor telfon? makasi banyak yaa sebelumnya🙂

  5. Mba…saya minta tolong dikirimin nama pre school di tebet, mendadak ARt resign, jadi pusing banget nih, saya tertarik yang Pre school C , apa namanya yah?

  6. salam kenal mba yayi.. boleh minta dikirim info preschool di tebetnya juga ndak? kalau boleh di share juga dong mba pengalaman setelah anak mba masuk ke preschool itu. ini email saya : cyntia.nsm@gmail.com
    makasih banyak mba

  7. Mbak sari yang baik blh tlg di japri juga kah mengenai detil preschool nya dan mgkn mbak sari tahu biayanya? Kl farand akhirnya masuk dmn mbak? Yg prechool C itu memang msh exist ya? Tks

  8. Mbak klo tk aisyah di tebet terima yg umur 3 tahun?kebetulan aku tinggal di qatar lg liburan di jkt 3 bln..cari skolah di tebet buat anak ku 3th dia sudah biasa double language jd bahasa indo/ingg jg gpp..brp mbak biayanya japri ≈Ўªãª≈ …

    1. TK aisyah tebet timur buka kelas playgroup utk anak 3 thn. Untuk biaya bisa ditanyakan langsung ke sekolahnya ya mbak. Saya ga hafal dan harus cari2 lg brosurnya.

  9. Hi Sari, lg super galau hunting TK buat next year, boleh info by e-mail kah yg TK BB, penasaran dan tertarik utk google lebih lanjut.. Terima kasih.. ☺☺

  10. hi Mbak,
    lagi hunting pre-school utk Fasya, yang next year 3 taun
    Boleh minta detail lengkap nya utk pre-school C kah?
    thanks before…

Leave a Reply

